Sabtu, 02 November 2013

Cara Memakai Kemeja Yang Baik dan Benar

Kemeja sering dijadikan pakaian formal ketika menghadiri acara resmi. Maka untuk memakai kemeja juga sebenarnya memiliki aturan-aturan atau cara tersendiri agar anda tampil prima dengan gaya yang pas. Berikut ini aturan memakai kemeja yang mungkin berguna untuk anda ketahui


Aturan Kerah
Ada banyak model kerah kemeja yang mungkin membuat Anda bingung. Sebenarnya, dari semuanya, yang wajib Anda miliki adalah kerah semispread. Jenis ini merupakan pilihan paling pas bagi Anda yang ingin terlihat rapi, bersih, dan fashionable. Anda bisa memadukannya dengan berbagai jenis dasi –baik slim tie maupun regular tie. Tanpa dasi? Tak masalah.

Aturan Leher
Kami yakin sebagian besar dari Anda memilih kemeja hanya berdasarkan ukuran Small, Medium, atauLarge. Tapi, tahukah Anda bahwa ada ukuran-ukuran lain yang sebaiknya juga Anda tahu? Salah satunya adalah ukuran kerah. Anda memang tak akan mene­mukan keterangan ukuran kerah di label pakaian, tapi Anda bisa mengeceknya sendiri. Caranya: Gunakan aturan-1-jari. Coba masukkan 1 jari tangan Anda di antara kerah dan leher. Jika bisa, berarti inilah kemeja dengan ukuran leher yang pas untuk Anda. Sedangkan jika celah antara kerah dan leher cukup untuk 2 jari, itu artinya tidak cocok untuk Anda. Terlalu besar, bung!

Aturan Lengan
Untuk mengetahui rumusan lengan yang tepat, perhatikan bagian bahu. Usahakan bagian bahu kemeja Anda melekat dengan pas seolah sedang memeluk bahu Anda. Bagian bahu yang terlalu sempit akan menimbulkan masalah di bagian lengan. Lalu, perhatikan juga panjang lengan agar tak terlalu panjang atau pendek. Panjang yang pas adalah jika bagian cuff jatuh tepat di bagian pergelangan tangan Anda.

Aturan Motif
Baiklah, kini Anda sudah menguasai aturan-aturan dasar kemeja. Jadi, tak ada salahnya Anda mulai bermain-main dengan motif. Dalam memilih motif, Anda bisa menyesuaikannya dengan karakter pribadi dan bidang pekerjaan Anda. Bergembiralah Anda yang berkecimpung di dunia kreatif karena Anda lebih bebas bermain-main dengan motif dan warna. Sedangkan jika Anda berkecimpung di dunia kerja yang lebih ‘serius’, motif thin-stripe atau small-checks merupakan pilihan yang lebih aman untuk menunjukkan profesionalisme Anda.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar